Monday, November 24, 2014

DAFTAR FUNGSI WAKTU

Daftar Fungsi pada Kelompok Waktu


Nama Sintaks Deskripsi
1. TANGGAL
DATE =DATE(tahun, bulan, tanggal) Meghasilkan tanggal berdasarkan spesifikasi 'tahun, 'bulan', dan 'tanggal'
DATEVALUE =DATEVALUE(string_tanggal) Mengubah tanggal yang dtuliskan dalam format string ke forrmat tanggal.
DAY =DAY(format_tanggal) Mengambil angka hari dari bulan; angka yang akan berkisar antara 1 sampai dengan 31
DAYS360 =DAYS360(tanggal_mulai, tanggal_akhir [,metoda_us]) Menghitung selisih hari antara 'tanggal_akhir' dengan 'tanggal_awal' dengan menganggap jumlah hari perbulan adalah 30, yaitu 360 hari per tahun.
MONTH =MONTH(format_tangal) Mengambil angka bulan dalam setahun dari suatu nilai dalam format tanggal, yaitu berkisar antara 1 (januari) hingga 12 (Desember).
NOW =NOW() Mengambil bilangan tanggal dan bilabgan jam dari komputer. fungsi NOW tidak membutuhkan argumen.
TODAY =TODAY() Mengambil tanggal saat ini dari komputer anda.
WEEKDAY =WEEKDAY(format_tanggal) Mengambil angka hari dalam seminggu dari suatu nilai dalam format tanggal; angka yang akan berkisar antara 1 sampai dengan 7
YEAR =YEAR(format_tanggal) Mengambil angka tahun dari suatu nulai dalam format tanggal
2. JAM
HOUR =HOUR(format_jam) Mengambil angka jam dari suatu nilai dalam format jam, yang akan berkisar antara 0 (atau 12:00 A.M) hingga 23 (atau 11:00 P.M.).
MINUTE =MINUTE(format_jam) Mengambil angka menit dari suatu nilai dalam format jam, yang akan berkisar antara 0 hingga 59.
SECOND =SECOND(format_jam) Mengambil angka menit dari suatu nilai dalam format jam, yang akan berkisar antara 0 hingg 59.
TIME =TIME(angka_jam, angka_menit, angka_detik) Menhasilkan nilai dalam format jam berdasarkan spesifikasi 'angka_jam', 'angka_menit', dan 'angka_detik'
TIMEVALUE =TIMEVALUE(string_jam) Mengubah jam yang dituliskan dalam format string ke format jam
Catatan : paramater yang di apit oleh tanda [ ] artinya bersifat optional, yaitu bisa tidak dimasukkan. Dalam hal tidak dimasukkan, fungsi akan menggunakan nilai defaultnya.