Thursday, May 28, 2015

Fungsi SUMSQ Excel

Fungsi SUMSQ

Fungsi SUMSQ Excel digunakan untuk menjumlahkan hasil kuadrat dari argumen-argumennya.
Sintaks:
= SUMSQ(bilangan1, bilangan2, bilangan3, ...)
  • bilangan1, bilangan2, bilangan3, ... adalah argumen dari Fungsi SUMSQ Excel. Hingga 30 argumen dapat digunakan untuk Fungsi SUMSQ. Dalam hal ini, bilangan1, bilangan2, bilangan3, ... dapat juga ditunjukkan dengan satu range tunggal, yang terdiri dari beberapa cell, yang nilai kuadratnya akan dijumlahkan.
Contoh:
Pada contoh di atas, setiap bilangan pada range B3:B6 dikuadratkan kemudian dinjumlahkan dengan menggunakan langsung formula SUMSQ(B3:B6) yang diletakkan pada cell B7. Sebagai pembanding, nilai kuadrat dari masing-masing bilangan pada cell dari range B3:B6 juga dihitung pada cell-cell dengan baris yang bersesuaian di kolom C. Jika hasil kuadrat tersebut dijumlahkan dengan menggunakan Fungsi SUM, seperti yang ditunjukkan pada cell C7, maka hasilnya akan sama dengan penghitungan langsung menggunakan Fungsi SUMSQ pada cell B7
Aplikasi:
Pada contoh Aplikasi berikut ini, hasil perpaduan dari dua gaya yang bekerja pada suatu benda dengan arah tegak lurus satu terhadap yang lainnya, ditentukan dengan menggunakan formula seperti ditunjukkan pada gambar. Untuk maksud ini, Fungsi SUMSQ digunakan untuk menghitung jumlah nilai kuadrat dari kedua gaya yang bekerja. Formula kemudian dilengkapi dengan Fungsi SQRT untuk menghitung nilai akar kuadratnya.
Artikel terkait lainnya:
Fungsi SUMPRODUCT
Artikel terkait lainnya:
Fungsi SUMXMY2, Fungsi SUMPRODUCT