Saturday, November 22, 2014

FUNGSI SUMIFS PADA EXCEL 2007 KE ATAS

Penjumlahan dengan Syarat Ganda Menggunakan Fungsi SUMIFS

Pada Microsofy Excel 2003, fasilitas ini belum tersedia. Fungsi SUMIFS dapat bekerja pada Microsoft Excel 2007 ke atas.
Fungsi SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai didalam suatu range yang memenuhi syarat yang diberikan. Jumlah syarat yang dapat diberikan bisa lebih dari satu. Kelebihan dapat menggunakan Syarat Berganda inilah yang membedakannya dengan Fungsi SUMIF.  Fungsi SUMIFS memiliki cara kerja yang sama seperti yang telah dibahas pada artikel 'Penggabungan Fungsi SUM dengan IF'. Disini, Fungsi SUMIFS merupakan bentuk penyederhanaan untuk melakukan penjumlahan dengan Syarat Berganda seperti ditampilkan pada pembahasan artikel 'Penggabungan Fungsi SUM dengan IF tersebut'. Akan tetapi pada Microsoft Excel 2003, penggabungan fungsi tersebut tetap merupakan satu-satunya pilihan yang dapat diterapkan, mengingat Fungsi SUMIFS belum tersedia pada versi ini.
Sintaks:
SUMIFS(range_jumlah, range_kriteria1, string_kriteia1 [,range_kriteria1, string_kriteia1] [,...])
  • range_jumlah : adalah range dari nilai-nilai pada baris yang memenuhi kriteria akan dipilih untuk dijumlahkan.
  • range_kriteria : adalah range yang akan dievaluasi apakah sesuai dengan kriteria atau tidak.
  • string_kriteria : adalah syarat yang diberikan dalam bentuk string.
Catatan:Tanda [ ] artinya bersifat optional yaitu bisa tidak dimasukkan. Jika range_kriteria2, string_kriteria2, dan seterusnya tidak dimasukkan maka Fungsi SUMIFS hanya menggunakan satu kriteria saja. Ini sama saja dengan Fungsi SUMIF. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa susunan paremeter pada argumen Fungsi SUMIF berbeda dengan pada Funsgsi SUMIFS.
Contoh 1:
Seperti yang telah ditampilkan pada contoh artikel 'Penggabungan Fungsi SUM dengan IF', gambar di atas meminta kita untuk melengkapi cell berwarna kuning di bagian kiri dari tabel yang pertama dengan memanfaatkan fasilitas dari salah satu Fungsi Excel, yaitu Fungsi SUMIFS. Tabel yang kedua ini, akan menampilkan jumlah kayu yang telah didelivery berdasarkan jenis kayu, Crassicarpha ataukah Mangium, dan berdasarkan dari mana asal kayu tersebut, Sector1, Sector2, Sector3, ataukah Sector4. Jenis dan asal kayu adalah 2 syarat yang akan menjadi kriteria dari Fungsi SUMIFS, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini
  • Fungi SUMIFS berikut ini dimasukkan pada cell G5 yang akan menghitung jumlah delivery kayu dengan syarat jenisnya Cassicarpha dan berasal dari Sector1:
    =SUMIFS($D$5:$D$19, $B$5:$B$19, G$4, $C$5:$C$19, $F5)
    Formula ini identik dengan:
    =SUMIFS($D$5:$D$19, $B$5:$B$19, "Crassicarpha", $C$5:$C$19, "Sector1")
  • Pertimbangan menggunakan penunjukkan alamat cell sebagai kriteria adalah untuk menghindari penulisan formula secara berulang pada cell-cell lainnya sebab formula pada cell G5 ini akan dicopykan ke cell-cell lainnya yang, pada gambar, ditunjukkan dengan warna kuning. Sistim pengalamatan cell mutlak dan relatif pada cell untuk kriteria ini disesuaikan sedemikian rupa agar saat dilakukan pengcopyan ke cell yang lain, alamat cell juga berubah sehingga syarat untuk melakukan penjumlahannnya sesuai dengan posisi dimana cell itu berada. Misalnya saat dicopykan ke cell H6, alamat untuk penunjukan kriteria pada formula kan berubah seperti berikut:
    =SUMIFS($D$5:$D$19, $B$5:$B$19, H$4, $C$5:$C$19, $F6)
    Ini sama artinya dengan:
    =SUMIFS($D$5:$D$19, $B$5:$B$19, "Mangium", $C$5:$C$19, "Sector2")
  • Setelah penulisan formula pada cell G5, formula pada cell ini kemudian dicopykan ke cell-cell lainnya yaitu cell-cell dengan warna kuning pada gambar di atas.
Contoh 2:
Pada contoh seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, luas area dengan kriteria rata-rata curah hujan dan jumlah hari hujan akan dihitung:
  • Luas area yang memiliki rata-rata curah hujuan diatas 400 mm dengan jumlah hari hujan lebih besar atau sama dengan 15 hari, pada cell E22.
  • Luas area yang memiliki rata-rata curah hujuan diatas 400 mm dengan jumlah hari hujan lebih lebih kecil dari 15 hari, pada cell E23.
Penggunaan Fungsi SUMIFS untuk memecahkan masalah ini ditunjukkan pada gambar berikut ini.
  • Fungsi SUMIFS berikut ini dimasukkan pada cell E22.
    =SUMIFS($C$4:$C$19, $D$4:$D$19, ">=400", $E$4:$E$19, ">=15")
  • Pada cell E23 dimasukkan formula berikut.
    =SUMIFS($C$4:$C$19, $D$4:$D$19, ">=400", $E$4:$E$19, "<15")