Thursday, November 20, 2014

FUNGSI SUM PADA EXCEL

Penjumlahan dengan Fungsi SUM

Fungsi SUM merupakan salah satu Fungsi Penjumlahan pada Excel yang digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai pada pada suatu range tertentu. Fungsi SUM paling sering digunakan pada Penerpan Excel.
Sintaks:
= SUM(range)
  • range: adalah sekumpulan cell yang berdekatan, misalnya A2:A10 menunjukkan kumpulan cell mulai dari cell A2 menurun ke bawah hingga ke cell A10; A2:G2 menunjukkan kumpulan cell mulai dari cell A2 mendatar ke kanan hingga ke cell G2. Bila terdiri dari beberapa kumpulan cell, gunakan tanda koma (,) sebagai pemisah antara kumpulan cell tersebut. misalnya A2:A10, B5:B9, B15:B20, dan seterusnya.
Contoh 1:
Tabel di atas menampilkan produksi yang dihasilkan suatu perusahaan pada beberapa 'sector' selama kuartal 1. Fungsi SUM digunakan untuk menghitung total produksi kuartal 1 maupun produksi setiap bulannya. Total produksi bulan Januari ditentukan dengan formula =SUM(C5:C8) pada cell C9, total bulan Februari dengan formula =SUM(D5:D8) pada cell D9 dan total bulan Maret dengan formula =SUM(E5:E8) pada cell E9. Total kuartal 1 pada cell E10 ditentukan dengan formula =SUM(C5:E8) yang menghitung jumlah dari nilai setiap cell di dalam range C5:E8, atau dapat juga menggunakan formula =SUM(C9:E9) yang menghitung jumlah dari total produksi setiap bulannya.
Contoh 2:
Kumulatif produksi adalah jumlah total produksi sampai dengan suatu tanggal tertentu. Pada tabel di bawah ini, kumulatif produksi dihitung pada setiap tanggal menggunakan Fungsi SUM, untuk melihat sampai sejauh mana pencapaian produksi tehadap target yang ditetapkan setiap hari.
  • Tuliskan formula berikut pada cell E7
    =SUM($C$7:C7)
  • Cell yang pertama memiliki alamat mutlak dan cell yang kedua memiliki alamat relatif agar supaya saat dicopykan ke baris-baris berikutnya, cell yang pertama dari range tetap menunjuk pada cell C7 sementara nomor baris pada cell yang kedua akan mengikuti nomor baris dimana formula tersebut dicopykan. Dengan demikian Fungsi SUM tetap akan menjumlahkan produksi sampai dengan tanggal yang bersesuaian dengan baris dimana formula dicopykan. Jika dicopykan ke cell E12, misalnya, formula di atas berubah menjadi =SUM($E$7:E12) yang menyatakan jumlah produksi mulai dari tanggal 01-Feb-2014 hingga tanggal 12-Feb-2014, yaitu 22,600 ton. Ini adalah nilai dari kumlatif produksi sampai dengan tanggal 12-Feb-2014.
  • Varians adalah selisih antara kumulatif produksi dengan kumulatif target per hari yang menjadi ukuran pencapain produksi. Jika varians bernilai negatif maka jumlah produksi pada hari-hari berikutnya harus ditambahkan untuk menutupi kekurangan produksi tersebut.
  • Total produksi pada cell C22 ditentukan melalui formula =SUM(C7:C21).