Saturday, November 29, 2014

PENGHITUNGAN WAKTU KOMPUTER

Nomor Serial Tanggal

Komputer memiliki suatu sistim 'counter' yang melakukan penambahan bilangan-bilangan desimal secara progresif sejalan dengan berjalannya waktu. Ini adalah Sistim Perhitungan Waktu Komputer. Penghitungan dimulai pada jam 00:00 dan penambahan bilangan desimal terus berlangsung setiap jam hingga kumlatifnya mencapai 1 setelah 24 jam kemudian.  Pada saat ini angka desimal dari total penghitungan kembali menjadi 0 dan angka integernya bertambah 1. Siklus penghitungan ini terus berulang dan hasil 'counter' Sistim Penaggalan Komputer akan terus bertambah 1 setiap pergantian hari.
Tanggal acuan dimulainya Perhitungan Waktu adalah tanggal 1 Januari 1900, dimana pada tanggal tersebut nilai integer dari 'counter' Sistim Penanggalan Komputer akan benilai 1. Hari berikutnya, tanggal 2 Januari 1900 bernilai 2, dan seterusnya. Angka integer ini disitilahkan dengan 'Nomor Serial Tanggal', yang menyatakan jumlah hari suatu tanggal terhitung sejak tanggal 1 Januari 1900. Dilain pihak, angka desimal dari 'counter' Sistim Penanggalan Komputer menunjukkan nilai jamnya.
Untuk menguji Sistim Penaggalan Komputer yang telah dibahas di atas, kita dapat melakukan hal berikut ini.
  • Pada cell A1 masukkan tanggal 1/1/1900, yaitu tanggal 1 januari 1900.
  • Ubah format cell ke 'General' melalui menu 'Home > Format > Format Cell' lalu klik tab 'Number' dan pilih 'General' pada kotak 'Category' (pada Excel 2008); atau melalui menu 'Format > Cell' lalu klik tab 'Number' dan pilih 'General' pada kotak 'Category' (pada Excel 2003)
  • Sekarang cell A1 menampilkan Nomor Seriall Tanggal, 1.
  • Selanjutnya kita dapat melihat Nomor Serial Tanggal yang lainnya dengan memasukkan tanggal lainnya, misalnya, 1/2/1900, 1/3/1900, dan seterusnya.
Atau proses sebaliknya dapat dilakukan dengan memasukkan suatu bilangan terlebihdahulu ke stau cell lalu mengubah format cell tersebut ke format 'Date', foamat 'Time', atau gabungan dari keduanya. Tekait dengan waktu, 'counter' Sistim Penaggalan Komputer telah diatur sedemikian rupa sehingga setiap jam akan bertambah 1/24 = 0.0416666666666667. Dengan demikian, jam komputer pada saat ini adalah nilai desimal dari counter dikali dengan 24. Untuk membuktikan hal ini anda dapat melakukan langkah berikut ini:
  • Masukkan fungsi =NOW() pada sel A1 untuk mendapatkan tanggal dan jam saat ini, kemudian ubah format cell A1 ke 'General' dengan cara seperti dijelaskan di atas.
  • Pada cell A2, masukkan formula =INT(A1) untuk mendapatkan Nomor Serial Tanggal nya.
  • Pada cell A3, masukkan formula =(A1-INT(A1) untuk mendapatkan angka desimal dari counter dari sistim penaggalan. Formula untuk mendapatkan nilai desimal ini telah dibahas pada artikel 'Fungsi INT pada Excel'
  • Pada cell A4, masukkan formula =A2*24 maka cell ini akan menampilkan jam dari sistim dalam format desimal. Untuk mengubahnya ke format hh:mm:ss anda perlu mengubah format cell ke 'Custom' lalu menuliskan string format jam "hh:mm:ss" pada 'kotak type'. atau dengan menggunakan formula seperti yang telah dibahas pada artikel 'Fungsi INT pada Excel'.
Simulasi 1:

Tanggal Saat ini >>>Tanggal (mm/dd/yyyy) Jam (hh:mm:sss):
Cell A1: Tanggal dalam Format General Berisi formula =NOW() dan dengan format 'General'
Cell A2: Nomor Serial Tamggal Berisi formula =INT(A1)
Cell A3: Nilai Desimal Tanggal Berisi formula =A1 - INT(A1)
Cell A4: Jam Saat Ini berisi formula =A3*24, jam dalam format desimal
   

Pada simulasi di atas, untuk memproses tanggal yang dimasukkan pada kotak teks di baris pertama, klik tombol 'proses'. Tetapi jika anda mengklik. tombol 'reset' maka tanggal dan jam pada kotak teks di baris pertama akan diset ulang ke tanggal dan jam saat ini dari sistim komputer anda. Dengan mengklik tombol 'reset' berulang kali, anda akan melihat perubahan nilai sejalan dengan perubahan waktu pada sistim komputer anda.
Berikut ini kami akan sajikan cara menhitung Selisih Jam antara jam di suatu hari tertentu dengan jam dihari yang lain
  • Pada cell A1 masukkan waktu dalam format mm/dd/yyyy hh:mm:ss
    11/15/2014 07:14:02
  • Pada cell A2 masukkan waktu dalam format mm/dd/yyyy hh:mm:ss
    11/20/2014 19:40:21
  • Untuk menghitung Selisih Jam antara waktu yang tercatat pada cell A1 dengan waktu yang tercatat pada cell A2 tidaklah terlalu sulit. Masukkan formula berikut ini pada cell A3 lalu ubah format cell ke 'General'. maka anda segera mendapatkan jawabannya.
    =(A2 - A1)*24
    ;24 jam dalam 1 hari
Simulasi 2 :

Cell A1: Tanggal awal
Cell A2: Tanggal akhhir
Cell A3: Selisih Jam
Cell ini berisi formula =(A2 - A1)*24
   

Pada simulasi di atas, klik tombol 'reset' untuk mengembalikan waktu ke waktu setingan. Disini anda juga dapat memasukkan waktu anda sendiri kemudian klik tombol 'proses' untuk melihat hasil Selisih Jam di antara dua waktu yang telah anda masukkan.