Thursday, November 20, 2014

FUNGSI VLOOKUP PADA EXCEL

Fungsi Pencarian Dengan Kata Kunci

Fungsi VLOOKUP merupakan Fungsi Pencarian, yaitu Cara Excel untuk melakuan pencarian suatu nilai pada ofset kolom suatu tabel berdasarkan suatu kata kunci (Keyword) yang diberikan.
Sintaks:
=VLOOKUP(kata_kunci, range_tabel, ofset_kolom, urutan_naik)
  • kata_kunci: berupa suatu string, bilangan, atau formula yang digunakan sebagai penanda untuk menemukan baris yang dicari pada kolom paling kiri dari range_tabel.
  • range_tabel: adalah range cell dari tabel untuk menemukan nilai yang dicari. Kolom paling kiri dari tabel merupakan 'Kolom Kata Kunci, yaitu kolom yang petama ditelusuri oleh Fungsi VLOOKUP untuk menemukan baris yang dicari. Data-data pada kolom ini harus bersifat Unik (tidak berulang); jika tidak Fungsi VLOOKUP akan menetapkan baris yang pertama sekali ditemukan, dalam penelusurannya, sebagai baris yang dicari.
  • ofset_kolom: adalah nomor kolom dari range tabel. Ofset 1 untuk kolom paling kiri, ofset 2 untuk kolom berikutnya, dan seterusnya.
  • urutan naik: yang dapat bernilai TRUE atau FALSE. Jika bernilai TRUE data-data pada Kolom Kata Kunci harus diurut naik (ascending). Jika bernilai FALSE, urutan tidak menjadi masalah.
Pada gambar ilustrasi di atas, Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menemukan jumlah penduduk Jakarta pada tahun 2000. Proses yang terjadi adalah sebagai berikut.
  1. Fungsi Vlookup menelusuri kolom paling kiri dari tabel dengan range B5:F17 untuk menemukan string 'Jakarta'.
  2. Setelah baris untuk string 'Jakarta' ditemukan, Fungsi VLOOKUP kemudian mengambil nilai pada ofset kolom ke 4 pada baris tersebut
  3. Dengan dmikian hasil dari Fungsi VLOOKUP adalah 8,389,443.
Permasalahan:
Tabel jumlah penduduk yang ditunjukkan pada gambar di atas berada pada worksheet benama 'Penduduk'. Pada tahun 2010, pemerintah telah berencana memberikan dana bantuan Rp 2,000,000 pada setiap penduduk miskin. Sayangnya, data persen penduduk miskin pada setiap propinsi bearada pada worksheet terpisah bernama 'Bantuan'. Gunakan fasilitas dari Fungsi VLOOKUP untuk menentukan dana bantuan yang akan diperoleh setiap propinsi yang terdaftar pada tabel di atas Jumlah dana bantuan yang diperoleh setiap propinsi adalah Jumlah Penduduk Miskin dikalikan Rp. 2,000,000.

Pemecahan Masalah:
  • Jumlah penduduk miskin diperoleh dengan mengalikan Persen Penduduk Miskin dengan Jumlah Penduduk Propinsi padatahun 2010. Data jumlah penduduk berada pada worksheet lain bernama 'Penduduk'. Data ini diperoleh melalui Fungsi VLOOKUP.
  • Untuk mendapatkan Jumlah Penduduk Miskin, pada cell D7 masukkan formula berikut:
    =C7*VLOOKUP(B7,Penduduk!$B$5:$F$17,5,FALSE).
  • Untuk mendapatkan Jumlah Dana Bantuan, pada cell E7 masukkan formula berikut:
    =D7*$D$3
  • Blok cell D7 dan cell E7 lalu tekan CTRL+C untuk mengkopi formula pada range tersebut.
  • Blok cell D8 hingga cell D19 lalu tekan CTRL+V untuk paste formula ke baris-baris berikutnya
  • Untuk mendapatkan nilai total, masukkan formula =SUM(D7:D19) ke cell D20 dan formula =SUM(E7:E19) ke cell E20.
Catatan: Agar alamat dari range tabel tidak berubah saat formula dicopykan ke baris-baris berikutnya, pastikan untuk menggunakan alamat mutlak, Penduduk!$B$5:$F$17, untuk menunjuk ke range tabel; bukannya alamat relatif seperti, Penduduk!B5:F17.