Friday, November 21, 2014

FUNGSI IF PADA EXCEL

Fungsi IF

Fungsi IF merupakan sutu Fungsi Bersyarat yang digunakan untuk mengakses suatu Percabangan dengan dua pilihan, yaitu percabangan TRUE atau percabangan FALSE. Eksekusi salah satu dari dua Percabangan tersebut ditentukan oleh nilai dari kondisi yang ditetapkan. Dalam hal ini kondisi merupakan pernyataan logika yang menghasilkan nilai TRUE atau nilai FALSE.
Sintaks:
=IF(Kondisi, akses_jika_true, akses_jika_false)
  • Kondisi: merupakan suatu pernyataan logika yang dapat bernilai TRUE atau FALSE, misalnya pada kondisi A2=10 maka kondisi bernilai TRUE jika cell A2 berisi nilai 10; jika tidak, nilai kondisi adalah FALSE. Dengan kata lain kondisi adalah syarat yang ditetapkan.
  • akses_jika_true: merupakan suatu ekspresi yang dapat berupa suatu string, suatu bilangan, atau suatu formula atau rumus yang akan diproses jika nilai kondisi adalah TRUE, yaitu jika syarat yang sitetapkan tepenuhi.
  • akses_jika_false: merupakan suatu ekspresi yang dapat berupa suatu string, suatu bilangan, atau suatu formula atau rumus yang akan diproses jika nilai kondisi adalah FALSE, yaitu jika syarat yang sitetapkan tidak tepenuhi.
Contoh:
cell A2: 10
cell A3: 6
cell A4: =if(A2<=10, A3*2, A3*4)
Pada contoh di atas, cell A4 mengandung Fungsi IF yang nilainya ditentukan oleh nilai pada cell A2 dan A3. Jika cell A2 diisi dengan nlai 10 atau lebih kecil dari 10 maka hasil dari pernyataan A2<=10 adalah TRUE, sehingga formula A3*2 akan dieksekusi dan hasilnya adalah 12 ditampilkan pada cell A3. Berapakah nilai di cell A3 jika cell A2 diisi dengan nilai 15 ?. Anda dapat mencobanya langsung pada Microsoft Excel atau melakukan simulasi berikut ini:

cell A2:
cell A3:
cell A4: berisi fungsi: =IF(A2<=10, A3*2, A3*4)
Hasilnya: hitung hasil dari fungsi if

Permasalahan:
Dalam satu bulan terdapat 25 hari kerja dan dalam satu hari tersedia 7 jam kerja sehingga jam kerja dalam satu bulan adalah 175 jam. Perusahaan mengeluarkan kebijakan untuk memberikan insentif pada karyawan yang mendapat 'point' lebih dari atau sama dengan 60. Lengkapi kolom insentif yang akan diperoleh setiap karyawan pada gambar yang ditunjukkan di bawah ini dengan memanfaatkan fasilitas dari Fungsi IF.
  • Syarat mendapatkan insentif adalah point lebih besar atau sama dengan 60
  • Besarnya insentif adalah kelebihan point dari 60 dikali dengan upah perjam, yaitu (pont-60+1)*(upah perbulan/175)
Pemecahan Masalah:
  • Pada cell F6, baris pertama kolom 'Insentif', masukkan formula dari fungsi IF, =IF(D6>=60,(D6-60+1)*(E6/$D$3),0)
  • Sementara pointer cell masih berada pada cell F6, tekan CTRL+C untuk mengcopy formula pada cell tersebut.
  • Blok cell F7 hingga cell F14 lalu tekan CTRL+V untuk 'paste' formula ke range tersebut.
  • Untuk mengetahui total insentif, masukkan formula =SUM(F6:F14) pada cell F15.
Catatan: Kita dapat saja hanya menggunakan formula pada phrase 'akses_jika_true' yaitu =(D6-60+1)*(E6/$D$3). Akan tetapi cara ini akan menampilkan hasil yang negatif pada baris-baris dengan 'point' lebih kecil dari 60. Penerapan Fungsi IF akan mencegah efek ini dengan memberikan nilai 0 pada baris-baris dengan 'point' lebih kecil dari 60.