Sunday, May 31, 2015

FUNGSI SUMXMY2 EXCEL

Fungsi SUMXMY2

Fungsi SUMXMY2 pada Excel digunakan untuk menjumlahkan nilai kuadrat dari selisih komponen-komponen yang bersesuaian dari 2 array. Array dapat berupa range yang terdiri dari komponen-komponen berupa cell.
Sintaks:
= SUMXMY2(array1, array2)
  • Jika array berupa range dari sekumpulan cell, maka Fungsi SUMXMY2 pada excel akan menjumlahkan nilai kuadrat dari selisih nilai cell-cell yang bersesuaian antara range 1 dengan range 2.
Contoh:
Pada contoh di atas, komponen-komponen untuk array 1 berada pada range A4:A7 dan komponen-komponen untuk array 2 berada pada range B4:B7. Fungsi SUMXMY2 Excel pada cell A9 akan langsung menjumlahkan nilai kuadrat dari selisih nilai cell-cell yang bersesuaian antara range 1 dengan range 2. Sebagai perbandingan, pada kolom C juga ditampilkan nilai kuadrat dari selisih masing-masing cell dimana hasil penjumlahannya dengan menggunakan Fungsi SUM pada cell C9 akan tepat sama dengan penghitungan langsung menggunakan Fungsi SUMXMY2 pada cell A9.
Aplikasi:
Pada contoh Aplikasi berikut ini, tinggi pohon pada kolom A dalam satuan meter akan dihitung nilai varians-nya:
      VAR = (∑(X - Xrata)2)/(n - 1)
  • Untuk maksud ini, nilai rata-rata hasil pengukuran terlebih dahulu dihitung pada kolom B dengan menggunakan formula pada kolom B4:
    =AVERAGE($A$4:$A$7)
  • Formula pada cell B4 di atas lalu di copykan ke cell-cell di bawahnya hingga cell B7.
  • Fungsi SUMXMY2 pada cell E4 digunakan untuk menghitung jumlah dari selisih antara cell-cell yang bersesuaian pada range A4:A7 dengan pada range B4:B7.
    =SUMXMY2(A4:A7, B4:B7)
    yang mengekspresikan bagian formula ∑(X - Xrata)2)
  • Fungsi COUNT pada cell E5 digunakan untuk menghitung ukuran contoh (sample Size):
    =COUNT(A4:A7) - 1
  • Nilai Varians pengukuran tinggi pohon, kemudian, diperoleh dengan menggunakan formula pada cell E6:
    =E4/E5
Sebagai kontrol pembanding, pada cell berikutnya, E7, kami juga menyertakan Fungsi VAR untuk menghitung langsung varians dari hasil pengukuran tinggi pohon:
=VAR(A3:A7)
Hasil yang sama akan diperoleh dengan menggunakan cara pertama di atas.
Artikel terkait lainnya:
Fungsi SUMSQ, Fungsi SUMPRODUCT