Saturday, June 6, 2015

FUNGSI ARCUS SINUS EXCEL

Fungsi ASIN Excel

. Fungs ASIN Excel digunakan untuk menentukan nilai arcus sinus suatu bilangan, yaitu merupakan invers dari Fungsi SIN. Pada dasarnya, Fungsi ASIN Excel akan menghasilkan besarnya sudut, dalam satuan radians, dari suatu nilai sinus.
Sintaks:
=ASIN(nilai_sin)
  • Parameter 'nilai_sin' adalah suatu nilai yang sebenarnya merupakan nilai sinus dari suatu sudut, dan Fungsi ASIN akan menetapkan besarnya sudut yang dimaksud dalam satuan radians. Selanjutnya, untuk mengubah sudut dalam radians ke sudut dalam derajat, Fungsi DEGREES dapat digunakan.
Contoh:
Pada contoh di bawah ini, suatu nilai sinus yang berkisar antara -1 hingga 1, pada baris 2, akan masing-masing ditentukan besar sudutnya dengan menggunakan Fungsi ASIN Excel. Untuk itu, formula pada cell B3 adalah:
Cell B3: =ASIN(B2)
Besarnya sudut dalam satuan radians yang diperoleh pada cell B3 tersebut kemudian diubah menjadi derajat pada cell B4:
Cell B4: =DEGREES(B3)
Formula pada cell B3 dan B4 lalu dicopykan ke cell-cell sebaris lainnya untuk mendapatkan besarnya sudut untuk nilai yang lainnya.
Simulasi:
Berdasarkan gambar di bawah ini
Besarnya sudut, dalam satuan derajat, berdasarkan Nilai R=100 dan nilai proyeksinya ke sumbu Y yang anda tentukan, dengan menggunakan gabungan Fungsi ASIN dan Fungsi DEGREES. Sudut antara -90 derajat hingga 90 derajat akan dihasilkan, jika anda memasukkan nilai proyeksi ke sumbu Y antara -100 hingga 100. Di luar nilai tersebut, akan terjadi kesalahan. Untuk memprosesnya klik tombol 'Proses' dan untuk mengembalikan ke nilai semula, klik tombol 'Reset'.
Cell A1: Nilai R 100 meter
Cell A2: Proyeksi ke sumbu Y meter
 
Cell A3: Nilai Sin(Θ)        =A2/A1
Cell A4: Besarnya sudut, Θ ? derajat      =DEGREES(ASIN(A3)) atau =DEGREES(ASIN(A2/A1))
 
Artikel terkait lainnya:
Fungsi TAN Excel, Fungsi ACOS Excel, Fungsi ATAN Excel