Saturday, May 23, 2015

Fungsi SUMPRODUCT pada Excel

Fungsi SUMPRODUCT

Fungsi SUMPRODUCT pada Excel digunakan menjumlahkan hasil kali dari elemen-elemen yang bersesuaian di dalam 2 atau lebih array. Array dapat berupa range dari sekumpulan cell.
Sintaks:
= SUMPRODUCT(array1, array2, array3, ...)
  • Jika array berupa range dari sekumpulan cell, maka Fungsi SUMPRODUCT pada excel akan menjumlahkan hasil perkalian antara cell-cell yang bersesuaian di dalam setiap range. Hasil kali antara cell pertama pada range 1, range 2, dan range 3 dijumlahkan dengan hasil kali cell kedua pada range 1, range 2, dan range 3, dan seterusnya hingga keseluruhan cell yang dilibatkan pada range 1, range 2. dan range 3. Dalam hal ini dimensi range haruslah sama
Contoh:
Pada contoh di atas, elemen-elemen untuk array 1 berada pada range A3:A6, elemen-elemen untuk array 2 berada pada range B3:B6, dan untuk array 3 berada pada range C3:C6. Fungsi SUMPRODUCT pada excel akan menjumlahkan hasilkali setiap baris cell dari ketiga array tersebut.
Aplikasi:
Pada contoh Aplikasi berikut ini, potensi kayu (m3/HA) rata-rata akan dihitung dengan menggunakan formula rata-rata tertimbang (weighted average), seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Disamping Fungsi SUMPRODUCT, yang akan menjumlahkan hasil perkalian antara luas area (HA) dengan potensinya (m3/HA) pada setiap baris yang bersesuaian, Fungsi SUM juga dilibatkan untuk menjumlahkan luas setiap area yang memiliki potensi (m3/HA) yang berbeda-beda, yang akan dijadikan sebagai pembagi.
Artikel terkait lainnya:
Fungsi SUMSQ, Fungsi SUMXMY2