Sunday, December 7, 2014

DAFTAR FUNGSI LOGIKA

Daftar Fungsi pada Kelompok Logika

Fungsi Logika menguji satu atau lebih pernyataan bersyarat (conditional statement) secara logika dan menghasilkan TRUE (-1) jika syarat terpenuhi atau FALSE (0) jika syarat tidak terpenuhi. Daftar Fungsi Logika pada excel ditampilkan pada tabel berikut ini.
Nama Sintaks Deskripsi
AND =AND(syarat1, syarat2 [, syarat3] [, ...]) Menghubungkan dan mengevaluasi dua atau lebih pernyataan bersyarat dan menghasilkan TRUE jika semua pernyataan bersyarat tersebut bernilai TRUE, dan jika salah satunya bernilai FALSE maka Fungsi AND akan menghasilkan FALSE
FALSE =FALSE() Menghasilkan nilai logika FALSE. Fungsi ini tidak memerlukan argumen
IF =IF(syarat, eksekusi_jika_true, eksekusi_jika_false) Menguji suatu pernyataan bersyarat dan mengeksekusi ekspresi yang dispesifikasikan pada 'eksekusi_jika_true' jika nilai pernyataan bersayarat adalah TRUE, dan mengeksekusi expresi pada 'eksekusi_jika_false' jika nilai pernyataan bersayarat adalah FALSE.
NOT =NOT(syarat) Membalikkan nilai dari suatu pernyataan bersyarat. Jika nilai dari pernyataan bersyarat adalah TRUE maka hasil dari Fungsi NOT adalah FALSE, begitu juga sebaliknya.
OR =OR(syarat1, syarat2 [, syarat3] [, ...]) Menghubungkan dan mengevaluasi dua atau lebih pernyataan bersyarat dan menghasilkan TRUE jika ada salah satu atau semua pernyataan bersyarat tersebut bernilai TRUE, dan jika semua pernyataan bernilai FALSE maka Fumgsi OR akan menghasilkan FALSE
TRUE =TRUE() Menghasilkan nilai logika TRUE. Fungsi ini tidak memerlukan argumen
Catatan : paramater yang di apit oleh tanda [ ] artinya bersifat optional, yaitu bisa tidak dimasukkan.