Sunday, November 30, 2014

FUNGSI COUNT, COUNTIF, DAN COUNTIFS PADA EXCEL

Fungsi Penghitungan Bersyarat pada Excel

Pada Microsoft Excel, Fungsi Penghitungan Bersyarat akan melakukan penghitungan hanya jika kriteria pada syarat yang dispesifikasikan bernilai TRUE. Selain Fungsi Penghitungan Bersyarat, pembahasan dalam 'Belajar Excel' kali ini juga menyertakan Fungsi COUNT sebagai pembanding bagi Fungsi Penghitungan Bersyarat.
  • Fungsi COUNT digunakan untuk menghtung jumlah cell di dalam suatu 'range' yang berisi bilangan numerik termasuk bilangan tanggal. Fungsi COUNT tidak menghitung cell yang kosong maupun cell yang berisi nilai string.
  • Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghtung jumlah suatu kejadian pada range_hitung dengan hanya mengambil nilai-nilai yang sesuai dengan satu 'ktiteria' yang diajukan pada argumennya.
  • Fungsi COUNTIFS digunakan untuk menghtung jumlah suatu kejadian pada range_hitung yang masuk dalam beberapa kriteria yang diajukan pada argumennya. Fungsi COUNTIFS hanya dapat digunakan untuk Microsoft Excel 2007 ke atas.
Fungsi Penghitungan Bersyarat, Baik Fungsi COUNTIF maupun Fungsi COUNTIFS, keduanya akan mengevaluasi suatu nilai di dalam suatu range untuk menemukan nilai-nilai yang sesuai dengan kriteria yang diajukan. Jika sesuai maka akan dimasukkan dalam penghitungan. Bedanya, Fungsi COUNTIF hanya bisa mengajukan satu kritria, sedangkan Fungsi COUNTIFS dapat mengajukan beberapa kriteria. Disamping itu Fungsi COUNTIFS baru mulai diberlakukan sejak Microsoft Excel 2007.
Sintaks:
=COUNT(range1 [,range2] [, ...])
=COUNIIF(range_hitung, kriteria)
=COUNIIF(range_hitung1, kriteria1 [,range_kriteria2, kriteria2] [,...])
Contoh:
A B C D E
1
2 Plot Tanaman Luas(HA)
3 001 A. mangium 19
4 002 A. mangium 21
5 003 Eucalyptus spp. 35
5 003 Eucalyptus spp.
6 004 A. mangium. 50
7 004 Eucalyptus spp. #N/A
8
Alamat Cell Fungsi Hasil
D8 =COUNT(D3:D7) 4
D9 =COUNTIF(D3:D7, ">=20") 3
D10 =COUNTIFS(D3:D7, ">=20", C3:C6, "A. mangium") 2
Implementasi Fungsi COUNT dan Fungsi COUNTIF:
Tabel pada gambar berikut ini memuat daftar kehadiran karyawan selama dua minggu. Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah kehadiran (H), jumlah hari izin (I), jumlah hari sakit (S), dan jumlah hari off (O). Sedangkan Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung total hari keja.
Implementasi Fungsi COUNTIF dan Fungsi COUNTIFS:
Tabel pada gambar berikut ini memuat daftar Tanaman Acacia yang terkena serangan penyakit Busuk Hati, 'Heart Root' (HR), dan penyakit Busuk Akar, Root Rot (RR). Jumlah A. mangium dan A. crassicarpha yang terserang kedua penyakit tersebut akan dihitung pada cell G5 hingga H6 menggunakan Fungsi COUNTIFS. Sedangkan jumlah total tanaman yang tererang setiap penyakit di hitung pada cell C18 dan D18 menggunakan Fungsi COUNTIF.
  • Formula untuk menghitung jumlah A. mangium yang terserang HR pada cell G5.
    =COUNTIFS($B$5:$B$17, $F5, C$5:C$17, “Y”)
  • Penulisan alamat relatif dan alamat mutlak pada formula di atas memungkinkan Fungsi COUNTIFS pada cell G5 untuk langsung dicopykan ke cell-cell lainnya yang diberi warna kuning, H5, G6, dan H6.
  • Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung total Acacia terserang HR pada cell C18.
    =COUNTIF(C5:$B17, “Y”)
  • Kemudian formula pada cell C18 dicopykan ke cell D18.