Sunday, November 30, 2014

FUNGSI NOW, TODAY, WEEKDAY, DAYS360

Waktu Saat Ini dan Selisih Hari

Waktu Saat Ini meliputi tanggal, jam dan minggu saat ini, dengan tambahan Fungsi DAYS360 yang akan menghitung Selisih Hari antara dua tanggal.
  • Fungsi NOW digunakan untuk mengambil tanggal dan jam saat ini berdasarkan dari komputer. Fungsi NOW tidak memerlukan argumen..
  • Fungsi TODAY digunakan untuk mengambil tanggal saat ini semata dari komputer. Fungsi TODAY tidak memerlukan argumen
  • Fungsi WEEKDAY digunakan untuk mengambil posisi hari dalam seminggu dari suatu bilangan tanggal. Hasilnya akan berkisar antara 1 hingga 7 atau dari 0 hingga 6 bergantung argumen yang diberikan ke Fungsi WEEKDAY.
  • Fungsi DAYS360 digunakan untuk menghitung Selisih Hari antara 2 bilangan tanggal berdasarkan perhitungan 30 hari dalam sebulan atau 12*30 = 360 hari dalam setahun.
Sintaks:
=NOW()
=TODAY()
=WEEKDAY(bilangan_tanggal [, nilai_kembalian])
=DAYS60(bilangan_tanggal_awal, bilangan_tanggal_akhir [, metoda_eropa])
  • Baik Fungsi NOW maupun Fungsi TODAY, keduanya tidak memerlukan argumen. Akan tetapi berbeda dengan Fungsi TODAY yang hanya mengambil tanggal hari ini dari komputer, Fungsi NOW juga mengambil jam saat ini dari sistim komputer.
  • Parameter 'bilangan_tanggal' adalah bilangan yang tersimpan pada komputer untuk menyatakan suata tanggal dan jam. Hal ini telah diungkapkan pada pembahasan 'Fungsi Day, Month, dan Year' maupun pada pembahasan 'Fungsi Hour, Minute, dan Second'.
  • Parameter 'nilai_kembalian' pada Fungsi WEEKDAY bersifat optional. Nilai defult parameter ini adalah 1.
    • Jika diberi nilai 1 maka perhitungan hari dimulai dari hari Minggu (1) hinggga hari Sabtu (7).
    • Jika diberi nilai 2 maka perhitungan hari dimulai dari hari Senin (1) hingga hari Minggu (7)
    • Jika diberi nilai 3 maka perhitungan hari dimulai dari hari Minggu (0) hingga hari Sabtu (6).
  • Parameter 'metoda_eropa' pada Fungsi DAYS360 bersifat optional. Nilai default para meter ini adalah FALSE.
    • Nilai FALSE atau tidak dimasukkan merupakan metoda US (NASD). Jika 'bilangan_tanggal_mulai adalah tanggal 31, maka akan dijadikan tanggal 30 bulan yang bersangkutan. Jika 'bilangan_tanggal_akhir adalah tanggal 31 dan 'bilangan_tanggal_mulai di bawah maka 'bilangan_tanggal_akhir akan dijadikan tanggal 30 utuk bulan yang bersangkutan.
    • Nilai TRUE merupakan metoda Eropa. Jika 'bilangan_tanggal_mulai dan bilangan_tanggal_akhir adalah tanggal 31, maka akan dijadikan tanggal 30 bulan yang bersangktan.
Pada excel terdapat berbagai format tanggal dan jam. Pada saat pertama memasukkan bilangan tanggal ke suatu cell dengan Fungsi DATE atau Fungsi TIME, format cell tersebut secara otomatis berubah ke format tanggal atau jam. Pada fungsi DATTEVALUE akan ditampilkan bilangan jam berupa integer yang tidak lain adalah Nomor Serial Tanggal dan pada Fungsi TIMEVALUE akan menampilkan bilangan jam berupa angka desimal..
Untuk dapat menampilkan jam format jam yang kita inginkan, kita dapat menggunakan fasilitas 'customize' pada format cell
  • Pada Microsoft Excel 2007 ke atas, melalui menu 'Home > Format Cell' lalu klik tab 'Number', lalu pilih 'Custom' pada kotak 'Category' dan pada kotak 'Type' ketikkan string format tanggal atau jam yang kita inginkan.
  • Pada Microsoft Excel 2003, melalui menu 'Format > Cell' lalu klik tab 'Number', kemudian pilih 'Custom' pada kotak 'Category' dan pada kotak 'Type' ketikkan string format tanggal atau jam yang kita inginkan.
Contoh:
Fungsi Hasil
=NOW()
=TODAY
=WEEKDAY(NOW())
=WEEKDAY(TODAY(), 2)
=WEEKDAY("11/26/2014") 4
=WEEKDAY(DATE(2014,11,26), 3) 2
=WEEKDAY(41969) 4
=DAYS360("1/1/2014",DATE(2014,11,26))
 325
Catatan: Pada contoh di atas bilangan tanggal 41969 bertepatan dengan tanggal 11/26/2014 bila lakukan format 'Date' terhadapnya.
Simulasi 1:

Cell A5: Fungsi NOW() »» Tampilan Cell A5 dengan format 'General': :
Cell A6: Fungsi TODAY »» Tampilan Cell A6 dengan format 'General': :
Cell A7: WEEKDAY(A5)
Cell A8: WEEKDAY(A5,2)
Cell A9: WEEKDAY(A5,3)

Dengan mengklik tombol 'reset' secara berulang, kita akan melihat perubahan pada cell A5 dengan format 'General'. Jika mengklik tombol 'reset' setiap selang 1 menit, kita juga akan melihat perubahan menit pada cell A5 dengan format tanggal. Esok hari, nilai cell A5 dan juga cell A6 akan bertambah 1. Perubahan ini akan mempengaruhi nilai pada cell A7, A8, dan A9.

Selisih Hari

Untuk menghitung Selisih Hari sebenarnya, dari pada menggunakan Fungsi DAYS360, lebih baik mengurangkan langsung nilai-nilai integer dari dua bilangan tanggal yang akan dihitung selisih harinya. Hal ini dimungkinkan oleh karena, seperti telah dibahas pada artikel 'Nomor Serial Tanggal', bilangan tanggal disimpan dalam bentuk bilangan desimal dimana angka integernya menunjukkan jumlah hari sejak tanggal 1 Januari 1900. dan angka desimalnya menyatakan jam pada hari tanggal tersebut. Untuk memperjelas hal tersebut, simulasi berikut dimaksudkan untuk menghitung sesilih hari antara tanggal saat ini (NOW()) dari suatu tanggal tertentu
Simulasi 2:

Cell A5: Tanggal Awal »» Tanggal pada Cell A5 disimpan sebagai:   
Cell A6: Tanggal Saat Ini »» Tanggal pada Cell A6 disimpan sebagai:   
Cell A7: Selisih Hari      »» Berisi Formula: =INT(A6) - INT(A5) ; dalam format 'General'
   

Catatan: Ubah format pada cell A7 ke format 'General' jika masih berada pada format tanggal. Format pada cell A5 dan cell A6 adalah 'Customize' m/d/yyy h:m:s. Cell A6 adalah waktu saat ini yang dapat diperoleh menggunakan Fungsi NOW maupun Fungsi TODAY.